Seputar Peradilan

1

Pada hari Kamis Tanggal 14 Desember 2017 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Majalengka telah diselenggarakan acara Diskusi Hukum yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Se-Wilayah III Cirebon yang terdiri dari :

  1. Pengadilan Agama Cirebon
  2. Pengadilan Agama Sumber
  3. Pengadilan Agama Kuningan
  4. Pengadilan Agama Indramayu
  5. Pengadilan Agama Majalengka

Diskusi Hukum mengusung tema “SITA DAN EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA”. Hadir sebagai Nara Sumber yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. BAHRUSSAM YUNUS, S.H., M.H.., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. MARDIANA MUZHAFFAR, S.H., M.H. dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. HAMZANI HAMALI, S.H., M.H.

 

2 2
2 2

Pembukaan diskusi dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembawa acara Nunung Rohaniah, S.Ag Panitera Pengganti dari Pengadilan Agama Majalengka. Acara yang  di awali dengan pembacaan doa oleh Hakim Pengadilan Agama majalengka Drs. Jajang Suherman, S.H berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan.

Selanjutnya sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Majalengka Drs. H. Masykur, M.H. Dalam sambutannya beliau selaku Koordinator dalam Acara Diskusi Hukum Sita dan Eksekusi di Pengadilan Agama Majalengka mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Bapak Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, serta Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat

2 2
2 2

Sambutan yang kedua oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, tak lupa Beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh peserta yang hadir dalam Acara Diskusi Hukum Sita dan Eksekusi di Pengadilan Agama Majalengka. Menurut Beliau, diskusi ini sangat penting bagi para Hakim dan Juru Sita di Lingkungan Peradilan Agama Jawa Barat untuk bisa meningkatkan kualitas putusan khususnya sita dan eksekusi dan sebagai pembelajaran agar kinerja seluruh Hakim dan Juru Sita di Lingkungan Peradilan Agama Jawa Barat bisa mencapai visi yang telah ditetapkan yaitu Untuk mewujudkan "Peradilan Agama Yang Agung". Selanjutnya acara di lanjutkan ke point utama tentang SITA DAN EKSEKUSI DI PENGADILAN AGAMA yang di pimpin langsung oleh wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. MARDIANA MUZHAFFAR, S.H., M.H.  Dalam penjelasannya Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat menyampaikan tentang sita dan eksekusi terdiri dari :

PENGERTIAN EKSEKUSI

DASAR HUKUM

ASAS-ASAS EKSEKUSI

PELAKSANAAN PUTUSAN

JENIS-JENIS / MACAM-MACAM EKSEKUSI

EKSEKUSI REEL

TATA CARA EKSEKUSI REEL

PENUNDAAN EKSEKUSI

DELEGASI EKSEKUSI

EKSEKUSI TIDAK DAPAT DIJALANKAN

PERDAMAIAN SAAT EKSEKUSI

PERLAWANAN TERHADAP EKSEKUSI

PENGADILAN YANG BERWENANG MEMERIKSA PERLAWANAN PIHAK KETIGA (DERDEN VERZET)

EKSEKUSI PEMBAYARAN SEJUMLAH UANG

TATA CARA SITA EKSEKUSI

PENJAGAAN BARANG YANG DI SITA EKSEKUSI

EKSEKUSI PENGOSONGAN

PERMASALAHAN DALAM PELAKSANAAN EKSEKUSI