Seputar Peradilan

PELAKSANAAN ASSESMENT EKSTERNAL SERTIFIKASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (SAPM) DI PENGADILAN AGAMA MAJALENGKA

1

Majalengka | Pengadilan Agama Majalengka

Pada Hari Rabu Tanggal 23 Mei 2018 di Pengadilan Agama Majalengka telah dilakukan Assesment Eksternal Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM). Pelaksanaan Assesment Eksternal sendiri dilaksanakan selama 3 (Tiga ) hari yaitu dari Tanggal 23 sampai dengan Tanggal 25 Mei 2018. Sebagai  Asesor Eksternal  untuk Pengadilan Agama Majalengka yaitu  Ibu Dessy Mustika, S.H. dari Pengadilan Tinggi Agama  Kalimantan Timur yang didampingi oleh Team pendamping dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat yaitu  Bapak Drs. H. AHMAD CHOIRAN, M.H. selaku Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, serta  Ibu SUHARTI, S.H. selaku Panitera Pengganti di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat.

2 2
2 2

Assesment Eksternal dimulai dengan acara opening meeting pada pukul 08.30 WIB yang bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Majalengka yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Majalengka baik para Hakim, Pegawai Negeri Sipil maupun  tenaga honorer. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Majalengka Bapak Drs. H. Masykur, M.H. mengucapkan selamat datang kepada  Asesor Eksternal beserta Tim Pendamping ke Pengadilan Agama Majalengka .

2 2
2 2

Dessy Mustika, S.H. sebagai Asesor Eksternal menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan Assesment Eksternal ini adalah untuk melakukan penilaian terhadap penerapan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) di Pengadilan Agama Majalengka, baik dalam hal pemenuhan formulir, instrumen maupun  yang lebih penting lagi adalah implementasinya dalam pelaksanaan tugas sehari hari. Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) ini bertujuan untuk memberikan standard pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang terukur dan sistematis sesuai standard yang telah ditetapkan oleh Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Clossing Meeting

2 2

Setelah dilakukan  penilaian SAPM selama 3 hari, pada Hari Jumat Tanggal 25 Mei 2018 sekitar pukul 15.00 WIB telah dilakukan cloosing meeting Assesment Eksternal oleh  Asesor Eksternal dan Para Pendamping dan pada cloosing meeting itu juga  Asesor Eksternal telah menyerahkan permintaan perbaikan kepada Ketua Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Pengadilan Agama Majalengka dengan harapan agar ketidaksesuaian yang telah ditemukan selama pelaksanaan Assesment Eksternal dan telah dituangkan dalam permintaan perbaikan untuk segera ditindaklanjuti.