Seputar Peradilan

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2018

1

Majalengka | Pengadilan Agama Majalengka

Pengadilan Agama Majalengka pada hari Senin, tanggal 12 Nopember 2018 menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 73, dengan Pembina Upacara Ketua Pengadilan Agama Majalengka Drs. H. Masykur, M.H.

2 2
2 2

Upacara peringatan hari Pahlawan ini diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Majalengka mulai dari Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai dan Honorer Pengadilan Agama Majalengka. Upacara dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Seluruh Petugas upacara di lakukan oleh Calon Hakim Magang di Pengadilan Agama Majalengka. Dengan Pemimpin upacara Heru Fachrurizal, S.HI. (Cakim Pengadilan Agama Sindenreng Rappang). Setelah memberikan penghormatan kepada Pembina Upacara selanjutnya Pemimpin Upacara melaporkan kesiapan barisan untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang ke-73.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh Calon Hakim Magang di Pengadilan Agama Majalengka yaitu :

  1. Fauzy Nurlail, S.H. (Cakim Pengadilan Agama Sungai Raya)
  2. Nur Fadhil, S.HI. (Cakim Pengadilan Agama Kolala)
  3. Mawardi Kusumahwardani, S.Sy. (Cakim Pengadilan Agama Sindenreng Rappang)

Kemudian dilakukan mengheningkan cipta selama 60 detik untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa dan negara, yang dipimpin oleh Pembina Upacara dan dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dibacakan oleh Riki Dian Saputra, S.HI. (Cakim Pengadilan Agama Bengkayang) dan pembacaan pesan-pesan perjuangan dari pahlawan Nasional oleh Syamsul Ilmi, S.HI. (Cakim Pengadilan Agama Ampana).

2 2

Upacara dilanjutkan dengan Amanat Pembina Upacara dengan tema Semangat Pahlawan Di Dadaku. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan hendaknya kita sebagai Aparatur Sipil Negara menghargai jasa para pahlawan melalui kinerja kita sebagai abdi negara dengan melayani masyarakat setulus hati dan semangat kerja yang bersungguh-sungguh. Pahlawan-pahlawan yang telah mendahului kita, beliau bangkitkan semangat para Pemuda Indonesia untuk mengusir para penjajah dari tanah air Indonesia demi mempertahankan kemerdekaan rakyat Indonesia yang telah diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada tanggal 17 Aagustus 1945. Hasil perjuangan para pahlawan itulah, kita generasi sekarang dapat menghirup udara kemerdekaan yang patut kita syukuri.

 

22

Salah satu pengejawantahan rasa syukur tersebut adalah kita melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara kita sesuai dengan tugas yang telah diamanatkan kepada kita terutama di Lingkungan Peradilan Agama, baik sebagai Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural maupun sebagai Staf. Setelah amanat tersebut disampaikan, upacara dilanjutkan dengan pembacaan do'a yang disampaikan oleh Mi'rajiun Nashihin, S.Sy. (Cakim Pengadilan Agama Talu).

Selamat memperingati Hari Pahlawan, semoga kita dapat merawisi semangat juang para pahlawan yang telah mengorbankan harta, jiwa dan raganya demi kemerdekaan Republik Indonesia, seraya berdo’a semoga arwah para pejuang tersebut ditempatkan oleh Allah SWT; ditempat yang sebaik-baiknya. Amiin