Seputar Peradilan

KULTUM MINGGUAN DI MUSHOLLA AL-MAHKAMAH PENGADILAN AGAMA MAJALENGKA

1

Majalengka | Pengadilan Agama Majalengka

Majalengka - Rabu, 13 Februari 2019, Sesuai dengan jadwal rutinan ba'da Sholat Dzuhur berjama'ah, seluruh pegawai di Pengadilan Agama Majalengka berkumpul di Masjid Al-Mahkamah Pengadilan Agama Majalengka untuk mengikuti kultum mingguan setiap Hari Rabu yang diselenggarakan oleh DKM Musholla Al-Mahkamah Pengadilan Agama Majalengka. Pada kesempatan Kultum ini yang  bertindak sebagai pemateri adalah Drs. Solihudin, S.H. selaku Hakim di Pengadilan Agama Majalengka.

2 2

Pada majelis kulltum rutin tersebut, Drs. Solihudin,S.H. menyampaikan penjelasan mengenai Pentingnya Shalat dalam kehidupan manusia beliau menyampaikan Shalat adalah washilah (media) antara seorang hamba dengan Rabb-nya. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam telah bersabda :

"Sesungguhnya apabila seorang hamba mengerjakan shalat, maka ia sedang bermunajat kepada Rabb-nya…”2

4 5

Dan Allah berfirman dalam hadits Qudsi:

Aku membagi ash-Shalat (surat Al-Fatihah) antara Diri-Ku dan diri hamba-Ku menjadi dua bagian, dan bagi hamba-Ku adalah apa yang dipintanya. Apabila hamba tersebut membaca, ‘Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam,’ maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuji-Ku.’ Jika ia mengucapkan, ‘Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang,’ maka Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memujiku.’ Jika ia mengucapkan, ‘Yang Menguasai hari Pembalasan,’ maka Allah berfirman, ‘Hamba-Ku telah memuliakan-Ku.’ Jika ia mengucapkan, ‘Hanya kepada-Nya kami menyembah, dan hanya kepada-Nya kami memohon,’ maka Allah berfirman, ‘Inilah bagian bagi Diri-Ku dan hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku dalah apa yang dia minta.’ Dan jika ia mengucpakan, ‘Berilah petunjuk kepda kami atas jalan yang lurus, yaitu jalan yang telah Engkau beri kenikmatan bagi yang mengikutinya, bukan jalan-jalan yang Engkau murkai dan bukan pula yang Kau sesatkan,’ maka Allah berfirman, ‘Ini hamba-Ku dan bagi hamba-Ku apa yang dimintanya.”’3

4 4

Shalat adalah latihan atas beragam bentuk peribadahan dalam serangkaian ritual shalat (yang tersusun) dari setiap pasangan yang indah. Takbir yang dengannya ibadah shalat dibuka, berdiri yang di dalamnya kalamullah (Al-Qur’an) dibacakan oleh para pelaku shalat, ruku’ yang di dalamnya Rabb diagungkan, berdiri dari ruku’(i’tidal) yang dipenuhi dengan pujian kepada Allah, sujud yang padanya Allah Ta’ala disucikan dengan ke-Mahatinggian-Nya, hadirnya sepenuh hati padanya do’a, lalu duduk untuk memohon dan memuliakan, serta diakhiri dengan salam.

Kultum yang dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Majalengka ini berlangsung dengan khidmat, seluruh hadlirin menyimak apa yang disampaikan oleh pengisi kultum. Dengan siraman ruhani ini diharapkan seluruh ASN Pengadilan Agama Majalengka dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.