Seputar Peradilan

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN ISBAT NIKAH TERPADU

1

 

            Dalam rangka pemantapan persiapan pelaksanaan Isbat Nikah Terpadu yang akan dilaksanakan di Aula Kecamatan Jatitujuh pada Tanggal 30 Desember 2019 maka pada Hari Kamis Tanggal 12 Desember 2019 diadakan rapat persiapan pelaksanaan Isbat Nikah Terpadu yang dilaksanakan di Ruang Ketua Pengadilan Agama Majalengka.

Adapun “Itsbat nikah” itu sendiri adalah pengesahan nikah seorang laki-laki dan perempuan muslim yang pernikahannya telah dilaksanakan dan memenuhi sarat, rukun perkawinan namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Adapun penyebutan “Itsbat Nikah Terpadu” karena melibatkan tiga lembaga yakni Mahkamah Agung, Depdagri dan Kemenag yang pada level pelaksanaan melibatkan PEMDA Kabupaten Majalengka, Pengadilan Agama Majalengka dan Kemenag Kabupaten Majalengka.

Dengan adanya sebagian masyarakat yang pernikahannya tidak tercatat, apakah disebabkan faktor ekonomi, biaya, geografi atau lainnya, disisi lain begitu urgennya Akte Nikah maupun Akte Kelahiran dengan rentetan akibat hukumnya seperti : Kewarisan, kewarganegaraan, jasa raharja, status anak dan lainya, sementara setiap warga negara Republik Indonesia berhak mendapatkan pengakuan dan kepastian hukum, maka untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Mahkamah Agung Republik Indonesia telah menerbitkan PERMA Nomor 1 tahun 2015 tentang “Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri (PN), Pengadilan Agama (PA) /Mahkamah Syari’ah dalam rangka penerbitan Akte Perkawinan, Buku Nikah dan Akte Kelahiran”.

            Acara persiapan itu sendiri dihadiri oleh Asda I Majalengka, Camat Jatitujuh, Kepala KUA Jatitujuh, Kabag Sosmas Kemenag Majalengka, Wakil Ketua BAZNAS Majalengka, Perwakilan Disdukcapil Majalengka serta seluruh jajaran pejabat Pengadilan Agama Majalengka yang dikomandoi langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Majalengka.

           Alhamdulillah berkat Rahmat dan Karunia dari Allah Ta'ala akhirnya persiapan terakhir menjelang pelaksanaan Isbat Nikah Terpadu tuntas sudah, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja.

2 3

 

4 5