Seputar Peradilan

SIDANG ITSBAT NIKAH MASSAL TERPADU RAHARJA TAHUN 2019 OLEH PENGADILAN AGAMA MAJALENGKA KELAS I.A

1

Hari Senin tanggal 30 Desember 2019 suasana Kantor Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka pada hari itu suasananya berbeda dibandingkan dengan hari - hari biasanya, dimana setiap harinya hanya ASN Kecamatan Jatitujuh dan beberapa masyarakat  yang ingin mendapatkan pelayanan yang hadir, namun pada hari itu sejak pagi berbondong - bondong  ibu-ibu dan bapak-bapak yang berpakaian sederhana dengan menggunakan berbagai macam kendaraan Roda 2 dan 4 telah hadir di Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Memang pada hari itulah "Program" bersejarah Sidang Itsbat Nikah Massal Terpadu Raharja 2019 akan segera dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Majalengka Kelas I.A yang bekerja sama dengan Instansi terkait yaitu : Pemerintah Kabupaten Majalengka, Disdukcapil Majalengka, Kementerian Agama Majalengka, BAZNAS Majalengka, Kantor Kecamatan Jatitujuh, KUA Kecamatan Jatitujuh.

2 3

Sebanyak 60 pasangan suami isteri dari berbagai penjuru desa di Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka sebagai peserta Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah Massal Terpadu Raharja dalam rangka mendapatkan Buku Nikah, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak ( KIA ) yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Majalengka. Dikarenakan banyaknya peserta sidang itsbat Nikah Massal terpadu, maka tempat pelaksanaan sidang dilakukan di dua tempat yang berbeda walaupun masih satu komplek, yaitu di Aula Kantor Kecamatan Jatitujuh dan Aula KUA Kecamatan Jatitujuh.

Istilah Pelayanan Terpadu karena setelah dilakukan sidang itsbat nikah oleh Hakim Tunggal, selanjutnya penetapan tersebut langsung mempunyai kekuatan hukum tetap dan data tersebut terakses secara online ke Kemenag (dalam hal ini KUA) untuk dibuatkan Buku Kutipan Akta Nikah, kemudian dari KUA terakses secara online ke Disdukcapil untuk dibuatkan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak ( KIA ) bagi pasangan yang telah mempunyai anak.

Dengan alunan sholawat satu persatu pasangan isbat nikah didampingi oleh dua orang saksi hadir dan menempati tempat duduk yang telah disediakan oleh panitia, menjadikan semarak dan religius suasana Kantor Kecamatan jatitujuh dan Kantor KUA Jatitujuh berbeda dari biasanya.

Tepat pukul 11.30 WIB acara pembukaan pelaksanaan Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah, Penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran,  Kartu Keluarga, dan Kartu Identitas anak ( KIA ) dimulai.

4 5

Alhamdulillah acara yang sakral ini berlangsung dengan sangat meriah dan dihadiri langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. Taufiq H.Z, M.H.I  , Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd beserta seluruh jajaran Camat yang ada di Kabupaten Majalengka, Ketua DPRD Majalengka Edy Anas Djunaedi, Kepala Kementerian Agama Majalengka Dr. H. Yayat Hidayat serta seluruh Kepala KUA yang ada di Kabupaten Majalengka, Kepala Dinas Disdukcapil,serta Ketua BAZNAS Majalengka. Bahkan acara inipun turut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Sumber dan Ketua Pengadilan Agama Cirebon serta Panitera Pengadilan Agama Indramayu dan Panitera Pengadilan Negeri Majalengka.

6 7

Ketua Pengadilan Agama Majalengka Dr. Mohamad Jumhari dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa acara ini terselenggara berkat keprihatinan dari kita semuanya akan masih banyaknya perkawinan yang tidak tercatat oleh Negara serta dukungan yang luar biasa dari Bapak Bupati Majalengka dan jajarannya yang telah memberikan dukungannya baik moril maupun materiil sehingga masyarakat Majalengka khususnya di Kecamatan Jatitujuh dapat terlayani secara prima. Demikian pula Kementerian Agama dengan jajarannya, BAZNAS Majalengka mereka semuanya dengan semangat yang sama turut mendukung acara ini. 

Bapak Bupati dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya selaku Bupati Majalengka terhadap dilaksanakannya Program Sidang Itsbat Terpadu Massal Raharja 2019. Ini adalah sejarah baru", kata Beliau. Maka Beliau siap memberikan dukungan total terhadap setiap pragram dan inovasi dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dan Beliau juga memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk turut mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Majalengka. Bahkan diatas panggung Beliau menyampaikan akan memberikan sebuah mobil dinas di awal tahun 2020 kepada Pengadilan Agama Majalengka guna mendukung setiap kinerja Pengadilan Agama Majalengka, hal ini tentu patut kita syukuri di tengah - tengah kekurangan kendaraan operasional, ternyata ada perhatian yang luar biasa dari Kepala Pemerintahan Kabapaten Majalengka.

8 9

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung  dalam menyampaikan kata sambutan sangat memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih, khususnya kepada Bapak Bupati Majalengka yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materiil demi terselenggaranya kegiatan ini. Ucapan terimakasih pula kami sampaikan kepada Ketua Pengadilan Agama Majalengka, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka dan Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Majalengka. Beliau menambahkan bahwa terdapat satu fenomena dalam masyarakat, yaitu masih banyak perkawinan yang tidak tercatat sehingga berakibat tidak dapat diterbitkannya akta kelahiran bagi anak yang lahir dari satu perkawinan yang orang tuanya tidak mempunyai akta perkawinan. Negara, melalui Pengadilan Agama Majalengka, Pemerintah Kabupaten Majalengka dan Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, hadir pada saat masyarakat membutuhkan. Kepada Ketua Pengadilan Agama Majalengka Dr. Mohamad Jumhari, S.H, M.H beliau berterima kasih atas usahanya yang telah dilakukan secara maksimal untuk melakukan istbat nikah terpadu yang berbasis IT, mudah-mudahan hal ini dapat dijadikan contoh bagi Pengadilan - Pengadilan Agama yang lain.