Seputar Peradilan

 PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS TAHUN 2020 DI PENGADILAN AGAMA MAJALENGKA SEBAGAI LANGKAH MENUJU WBK DAN WBBM

1

Selasa (14/01/2020) bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Majalengka diadakan penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2020. Penandatangan pakta integritas tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Ketua  Pengadilan Agama Majalengka Dr. Mohamad Jumhari. S.H, M.H . Sebelum melaksanakan penandatanganan pakta integritas tersebut terlebih dahulu Bapak Ketua memberikan kata sambutan sekaligus sebagai pembinaan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Majalengka yang dilanjutkan dengan pembacaan secara bersama-sama dokumen pakta integritas yang dipimpin langsung oleh Beliau.

Selanjutnya dilaksanakan penandatangan pakta integritas yang di awali dari Unsur Hakim, PNS, Cakim kemudian berlanjut kepada Tenaga Honorer. Dalam arahannya Bapak Ketua  Pengadilan Agama Majalengka Dr. Mohamad Jumhari. S.H, M.H. menyampaikan bahwa pelaksanaan penandatangan pakta integritas ini berdasarkan Permenpan No. 49 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga. “Penandatangan ini bukan hanya sebagai acara simbolis namun agar selalu diterapkan dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur peradilan”,kata Beliau.

2 3

Untuk diketahui bersama, Pakta Integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri untuk berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela, tidak meminta, memberi atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pakta Integritas dituangkan ke dalam sebuah Dokumen Pakta Integritas.

Tahapan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dimulai dengan pencanangan dan diisi dengan deklarasi dan penandatanganan pakta integritas memiliki arti penting, tidak hanya dalam konteks reformasi, tetapi juga dalam menjalankan tugas serta kinerja lainnya.

4 5

“Pakta integritas tidak sekedar kegiatan seremonial,” tegas Dr. Mohamad Jumhari. Pakta integritas, lanjutnya, hendaknya dipahami sebagai pondasi utama dalam menjalankan kinerja dan tandatangan didalamnya merupakan wujud komitmen yang harus diimplementasikan dalam setiap penugasan.

Semoga dengan ditandatanganinya Pakta Integritas di Lingkungan Pengadilan Agama Majalengka ini akan membawa secercah harapan perubahan kinerja seluruh Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Majalengka ke arah yang lebih baik dan modern. InsyaAllahu Ta'ala di Tahun 2020 ini kita akan mampu meraih predikat WBK dan WBBM, tentu untuk meraihnya tidaklah mudah sangat dibutuhkan kerja keras dari kita semuanya. Aamiin

6 7