Seputar Peradilan

PENILAIAN PERLOMBAAN DEKORUM RUANG SIDANG DAN K3 DI PENGADILAN AGAMA MAJALENGKA OLEH TIM PENILAI PENGADILAN TINGGI AGAMA JAWA BARAT

1

Geliat di awal Tahun 2020 kembali tumbuh di Pengadilan Agama Majalengka. Kota kecil Majalengka yang lebih dikenal orang dengan sebutan kota angin ini, ternyata menyimpan potensi Sumber Daya Manusia yang luar biasa. Itu tercermin dari mimik dan raut muka yang penuh dengan kekaguman dan kebahagiaan dari Tim Penilai Lomba Dekorum Ruang Sidang dan K3 PTA Jawa Barat begitu mereka menginjakkan kaki di Kantor yang asri nan cantik Pengadilan Agama Majalengka. Memang pada Hari itu Kamis Tanggal 30 Januari 2020 Tim Penilai yang beranggotakan 2 orang, yaitu Ketua Tim Rahmat Setiawan, S.H yang juga selaku Panitera Muda Hukum PTA Jawa Barat dan Anggota Tim H. Mohamad Hasan Shodiq yang juga selaku Panitera Pengganti PTA Jawa Barat melakukan penilaian kepada Pengadilan Agama Majalengka terkait dengan Dekorum Ruang Sidang dan K3.

Bertempat di Ruang Sidang Utama Tim Penilai menyampaikan kata sambutan serta menjelaskan maksud kedatangan mereka di Pengadilan Agama Majalengka. Ini tak lain adalah amanah dari Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI agar seluruh lembaga peradilan di bawahnya agar menata Ruang Sidang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan serta selalu menjaga kerapihan, kebersihan dan keindahan di Lingkungan tempat kerjanya masing - masing. Semuanya dimaksudkan agar dengan kantor yang nyaman, bersih, rapih dan indah akan berimplikasi langsung kepada peningkatan kinerja seluruh Aparatur Sipil Negara. Masyarakat akan betah dan nyaman serta merasa diberikan pelayanan yang terbaik. Untuk itulah seluruh Pengadilan Agama di bawah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat secara serentak dilakukan penilaian agar didapatkan satker terbaik tingkat PTA Jawa Barat yang nantinya akan mewakili PTA Jawa Barat di Tingkat Nasional Mahkamah Agung RI. 

2 3

Setelah acara di Ruang Sidang Utama selesai kemudian Tim Penilai melakukan tugasnya dengan melihat secara detail keseluruhan keempat Ruang Sidang yang ada di Pengadilan Agama Majalengka. Dengan penuh ketelitian namun terkadang Tim sesekali terlihat tersenyum berdecak kagum akan semangat dan keseriusan Pengadilan Agama Majalengka dalam mempersiapkan diri dalam perlombaan ini. Setiap sisi dan sudut Ruang Sidang tidak luput dari pengawasan Tim, demikian pula taman, halaman serta parkir belakang juga turut menjadi obyek penilaian. Bahkan Tim juga melakukan wawancara kepada para pihak secara langsung guna mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan pelayanan dan kenyamanan masyarakat. Setelah beberapa jam melakukan observasi langsung, Tim merasa puas dan sangat senang akan kinerja yang telah ditunjukkan oleh Pengadilan Agama Majalengka yang dipimpin oleh Yang Mulia Bapak Ketua Dr. Mohamad Jumhari, S.H, M.H. Dan Tim Penilai berharap serta berdo'a agar Pengadilan Agama Majalengka dapat keluar menjadi juara I Tingkat PTA Jawa Barat.

Semoga semangat yang luar biasa ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan, masih banyak program - program yang masih akan membutukan kerja keras dari kita semuanya. Niatkan ini semua karena Allah Ta'ala, semoga ini akan menjadi amal jariah buat kita semuanya kelak di yaumil qiamah. Aamiin

4 5

6 7