Seputar Peradilan

PRAKTEK PERADILAN AGAMA MAHASISWA DAN MAHASISWI UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DI PENGADILAN AGAMA MAJALENGKA KELAS I.A

1

Pada Hari Rabu Tanggal 05 Februari 2020 Pengadilan Agama Majalengka yang memiliki Motto "APIK = Amanah, Professional, Ikhlash"  kedatangan tamu dari keluarga besar Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Tamu yang dipimpin oleh seorang Dosen Pembimbing ini membawa anak didik Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung yang berjumlah 25 orang. Untuk yang kesekian kalinya jalinan kerjasama yang telah dibangun dengan apik ini yaitu berupa pengiriman Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung untuk melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan di Pengadilan Agama Majalengka Kelas I.A. Adapun waktu pelaksanaan Prakteknya adalah pada Tanggal 04 - 19 Februari 2020. Kerja sama ini juga sebagai implementasi dari Nota Kesepahaman Nomor:  W10-A/4531/HM.01/X/2019 Tanggal 08 Oktober 2019 yang telah dibangun antara Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dengan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

2 3

Acara serah terima kedua belah pihak yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Majalengka berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan. Dalam sambutannya Dosen Pembimbing sebagai pihak yang menyerahkan Mahasiswa dan Mahasiswi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada Pengadilan Agama Majalengka Kelas I.A yang telah berkenan menerima untuk yang kesekian kalinya Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung untuk dapat melaksanakan Praktek Peradilan Agama di Pengadilan Agama Majalengka. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan prakteknya Mahasiswa dan Mahasiswi  mohon dibimbing dan dididik untuk dapat mengenal dan mendalami tusi yang ada di Pengadilan Agama Majalengka.

Sedangkan dari pihak Pengadilan Agama Majalengka sebagai tuan rumah yang melakukan penerimaan adalah Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Majalengka Drs. H. Asep Imadudin. Beliau didampingi oleh Ibu Panitera Muda Hukum Nunung Rohaniah, S.Ag, Ibu Kasubbag Umum dan Keuangan Euis Muhlisoh, S.HI. Dalam sambutannya Bapak Wakil Ketua menyampaikan terima kasih atas diberinya Pengadilan Agama Majalengka kepercayaan oleh Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung sebagai tempat untuk menimba ilmu dalam praktek Peradilan Agama. Tentu Pengadilan Agama Majalengka dengan kapasitas yang dimilikinya akan berupaya semaksimal mungkin memberikan ilmu yang dibutuhkan oleh adek - adek Mahasiswa dan Mahasiswi semuanya. "Dan jangan lupa untuk adek -adek semuanya agar menjaga nama baik almamaternya yaitu Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dan juga Pengadilan Agama Majalengka selama melakukan Praktek Peradilan Agama ini", imbuh Beliau lagi.

Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama oleh seluruh hadirin yang mengikuti acara serah terima ini.

4 5