Seputar Peradilan

Penyemprotan Disinfektan Covid-19 di Seluruh Ruangan Pengadilan Agama Majalengka Kelas I.A

1

Pengadilan Agama Majalengka Kelas I.A ikut aktif melakukan pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) dengan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh sisi gedung termasuk di halaman Kantor Pengadilan Agama Majalengka. Langkah ini sebagai antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang semakin tinggi dan telah ada sejumlah kasus di Jawa Barat, maka langkah antisipasi ini perlu dilakukan agar penyebaran virus tidak semakin meluas. Area yang dilakukan penyemprotan meliputi seluruh ruang kerja, ruang rapat, bangunan penunjang seperti toilet dan kantin, serta halaman hingga tempat parkir Pengadilan Agama Majalengka. Area Musholla Al Mahkamah Pengadilan Agama Majalengka pun tidak luput dari penyemprotan disinfektan ini.

Kegiatan penyemprotan dengan penggunaan campuran larutan yang diharapkan efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona maupun bibit penyakit lainnya yang dilaksanakan pada Hari Selasa Tanggal 24 maret 2020 tersebut dilakukan oleh personel dan relawan dari PMI Kabupaten Majalengka dan diawasi oleh Satpam Pengadilan Agama Majalengka. Semua petugas dan pengawas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap untuk mengantisipasi paparan bahan kimia yang digunakan dan potensi COVID-19 yang ada.


2 3

Penyemprotan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB dengan menggunakan peralatan mist blower dan melibatkan 100 liter cairan disinfektan dan 5 liter bahan bakar. Kegiatan penyemprotan ini dapat terselenggara berkat adanya koordinasi yang baik antara Pengadilan Agama Majalengka dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Majalengka untuk mendapatkan petunjuk atau rekomendasi terkait dengan langkah dalam mengantisipasi Virus Corona maupun bibit penyakit lainnya.

Kegiatan penyemprotan disinfektan tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan karena terlebih dahulu telah dilakukan pengumuman terkait adanya kegiatan penyemprotan tersebut serta seluruh ruangan kantor terlebih dahulu disterilkan. Penyemprotan ini juga untuk memastikan supaya Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Majalengka yang masih harus datang ke kantor merasa aman dan tidak khawatir dengan lingkungan kerjanya.

Terkait dengan jam kerja, Pengadilan Agama Majalengka mulai menerapkan penyesuaian jam kerja sebagai tindaklanjut adanya anjuran pemerintah untuk menerapkan social dan physical distancing sebagai salah satu upaya dalam menekan penyebaran wabah COVID-19.

4 5

Perubahan jam kerja yang diterapkan di Pengadilan Agama Majalengka tersebut, yakni yang semula terjadwal pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30 pada Hari Senin sampai Kamis dan Pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.30 pada Hari Jum'at disesuaikan menjadi pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat. Semoga langkah konkret yang telah kita lakukan ini dapat mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) di kantor yang kita cintai ini Pengadilan Agama Majalengka. Aamiin