bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 39

bimtek

Pengadilan Agama Majalengka pada Jum’at 17 Juni 2022 mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis secara Online melalui zoom meeting yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Hadir di ruang media center Pengadilan Agama Majalengka yaitu Ketua, Wakil Ketua, Panitera Muda Permohonan, para Panitera Pengganti, dan Kasubag Kepegawaian.

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut mengambil tema “Temuan Problematika Penerapan Hukum Acara dalam Berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali” dengan narasumber Yang Mulia Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Bapak Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H . Acara dibuka dengan Sambutan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H . Dalam sambutannya, Bapak Dirjen menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas tenaga teknis di lingkungan peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial.

Bapak Dirjen juga menyampaikan bahwa selain kegiatan bimtek, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama menggelar banyak kegiatan lainnya seperti kuliah umum yang baru saja diselenggarakan dengan narasumber Prof. Dr. Mostofa Dasuki Kasb pakar perbankan syariah dari Pusat Kajian Ekonomi Islam Solah Kamil Universitas Al Azhar Cairo, Mesir. Pada Maret lalu juga diselenggarakan bedah buku dengan tema Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah. Kegiatan-kegiatan seperti bimtek, kuliah umum, bedah buku, dan webinar, semata-mata diselenggarakan demi meningkatkan kapasitas tenaga teknis dan membangun sumber daya manusia yang professional dan berkualitas untuk membangun visi badan peradilan agama yang modern dan terpercaya. Maka dari itu, Bapak Dirjen berharap setiap satker dapat aktif mengikuti segala kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

bimtek 2bimtek 3

Acara kemudian dilanjutkan dengan bimbingan teknis oleh Yang Mulia Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H yang dimoderatori oleh Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. Pada kegiatan bimtek ini, para peserta tampak antusias karena dibalut dengan komunikasi dua arah antara narasumber dengan para peserta dari berbagai satuan kerja. Narasumber memberikan kesempatan kepada para peserta yang ingin menyampaikan pendapat atau pandangannya terkait Penerapan Hukum Acara dalam Berkas Kasasi dan Peninjauan Kembali. Ketua Pengadilan Agama Majalengka Bapak Dr. Muhammad Fauzi Ardi, S.H., M.H berkesempatan menjadi peserta pertama dalam bimtek tersebut yang menyampaikan pendapatnya terkait studi kasus gugatan waris, dimana tergugat dalam jawaban pertamanya mengajukan eksepsi relatif tanpa mengajukan jawaban pokok perkara dan bagaimana sikap Hakim dalam menghadapi pengajuan eksepsi tanpa dibarengi dengan jawaban pokok perkara. (GPA).

CCTV PA MJL