bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 56

skb 2

Rabu 24 Agustus 2022, Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Majalengka, telah dilaksanakan Penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Ketua Pengadilan Negeri Majalengka dengan Ketua Pengadilan Agama Majalengka tentang Penetapan Radius Dan Jumlah Besaran Biaya Perjalanan Jurusita / Jurusita Pengganti Dalam Melakukan Pemanggilan/Pemberitahuan Dalam Wilayah Hukum. SKB ditandatangani oleh Bapak Dr. H. Muhammad Fauzi Ardi, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Majalengka dan Ibu Heny Faridha, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Majalengka.

Penandatanganan SKB tersebut didasari pemikiran bahwa untuk kelancaran pelaksanaan tugas dan penyelesaian perkara serta adanya kepastian hukum untuk terciptanya transparansi publik bagi pencari keadilan dalam lingkup perkara perdata, maka perlu ditetapkan besarnya biaya panggilan/pemberitahuan yang cara pemungutannya disesuaikan dengan radius per desa dalam wilayah hukum pada Pengadilan Negeri Majalengka dan Pengadilan Agama Majalengka. Menimbang bahwa untuk mengimplementasikan Visi Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan peradilan yang Agung, maka perlu diadakan koordinasi dan konsolidasi diantara lembaga peradilan yang berada dibawahnya untuk menyatukan paradigma di dalam mewujudkan visi Mahkamah Agung RI tersebut.

skb 1

SKB ini sebagai pedoman bagi Pengadilan Negeri Majalengka dan Pengadilan Agama Majalengka dalam menentukan besarnya biaya panggilan dan pemberitahuan. Sedangkan untuk biaya panggilan atau pemberitahuan bagi Pengadilan Negeri Majalengka dan Pengadilan Agama Majalengka ditentukan berdasarkan radius dengan titik radius nol kilometer dari masing-masing Kantor Pengadilan Negeri Majalengka dan Kantor Pengadilan Agama Majalengka, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Radius I biaya Rp100.000,00 (Seratus ribu rupiah);
  • Radius II biaya Rp125.000,00 (Seratus dua puluh lima ribu rupiah);
  • Radius III biaya Rp140.000,00 (Seratus empat puluh ribu rupiah);
  • Radius IV biaya Rp160.000,00 (Seratus enam puluh ribu rupiah);
  • Radius V atau daerah sulit dijangkau biaya Rp200.000,00 (Dua ratus ribu rupiah);

Adapun untuk biaya bantuan panggilan/pemberitahuan besarnya biaya disesuaikan berdasarkan wilayah atau radius pengadilan yang dimohonkan bantuan dengan ditambah biaya kirim. Besarnya biaya panggilan/pemberitahuan sebagaimana tersebut di atas sebagai dasar bagi Pengadilan Negeri atau Pengadilan Agama lainnya yang memohon bantuan untuk melakukan pemanggilan atau Pemberitahuan yang pihaknya berada dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Majalengka dan Pengadilan Agama Majalengka. Selanjutnya penetapan radius dan jumlah besaran biaya dalam SKB, akan dimuat dalam Surat Keputusan Panjar Biaya Perkara yang dibuat oleh Ketua Pengadilan Negeri Majalengka dan Ketua Pengadilan Agama Majalengka. (GPA)

CCTV PA MJL