bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 124

 sidkelperdana

 

Pengadilan Agama Majalengka Kelas 1.A menggelar kegiatan Sidang di Luar Gedung Pengadilan (Sidang Keliling) Perdana untuk Tahun Anggaran 2022 pada Jumat 28 Januari 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua lokasi yaitu KUA Kecamatan Rajagaluh dan KUA Kecamatan Talaga. Merujuk pada Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan yang termuat dalam pasal 1 ayat 5 disebutkan bahwa Sidang di Luar Gedung Pengadilan adalah sidang yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh Pengadilan di suatu tempat yang ada didalam wilayah hukumnya tetapi diluar tempat kedudukan gedung Pengadilan dalam bentuk Sidang Keliling atau Sidang di tempat sidang tetap.

Surat Keputusan Ketua Muda Mahkamah Agung Republik Indonesia Urusan Lingkungan Pengadilan Agama Nomor 01/SK/TUADA-AG/I/2013  menjelaskan Sidang keliling bertujuan untuk:

  1. Memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dalam mendapatkan pelayanan hukum dan keadilan (justice for all dan justice for the poor).
  2. Mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.
  3. Meningkatkan kesadaran hukum masyarakat terhadap hukum syari’ah Islam yang penegakannya menjadi tugas dan fungsi serta wewenang Pengadilan.

   sidkelperdana 2sidkelperdana 3

Adapun Majelis Hakim dan Panitera Pengganti yang bertugas pada sidang keliling di Kecamatan Rajagaluh adalah :

Hakim Ketua: Drs. Media Rinaldi, M.A.

Hakim Anggota 1: Dra. Hidayaturohmah, M.H.

Hakim Anggota 2: Drs. H. Iing Sihabudin, S.H.,M.H.

Panitera Pengganti : Nunung Rohaniah S.Ag

 

Sedangkan Majelis Hakim dan Panitera Pengganti yang bertugas pada sidang keliling di Kecamatan Talaga adalah :

Hakim Ketua: Dra. Hj. Ai Suhayati, S.H., M.H.

Hakim Anggota 1: Drs. Yayan Sopyan, M.H.

Hakim Anggota 2: Drs. Seno

Panitera Pengganti : Nana Sujana S.H.I.

 

Kegiatan sidang keliling ini juga dapat terselenggara berkat adanya kerjasama yang baik dengan Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka yang telah memperkenankan penggunaan gedung KUA sebagai lokasi sidang keliling Pengadilan Agama Majalengka.

CCTV PA MJL