bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 43

aminef

Pengadilan Agama Majalengka yang diwakili oleh Ketua, Wakil Ketua, dan Sekretaris mengikuti kegiatan Webinar Beasiswa AMINEF/Fulbright Untuk Warga Peradilan Agama yang diselenggarakan oleh Ditjen Badilag bekerjasama dengan AMINEF (American-Indonesian Exchange Foundation) pada 14 April 2022. Webinar ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dengan menghadirkan Associate Communiacations Officer AMINEF, Miftahul Mardhiyah sebagai narasumber dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. sebagai moderator.

Dalam sambutannya, Dirjen Badilag menyampaikan perhatiannya terkait pengembangan Sumber Daya Manusia di lingkungan peradilan agama. “Untuk membangun visi badan peradilan agama yang modern dan terpercaya dibutuhkan sumber daya manusia yang professional dan berkualitas, oleh karenanya saya mendorong para hakim dan seluruh aparatur peradilan agama untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya dengan mengikuti program beasiswa ini”

Dirjen Badilag kemudian melanjutkan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama merupakan salah satu unit eselon I dari 7 unit eselon I pada Mahkamah Agung RI yang membawahi 441 unit satuan kerja pengadilan agama di seluruh Indonesia Dengan jumlah SDM sebanyak 9.377 orang. yang terdiri dari 2.980 orang Hakim, 4.050 orang kepaniteraan/kejurusitaan, 2.118 orang SDM kesekretariatan.

Dalam paparannya Miftahul Mardhiyah menyampaikan beberapa program beasiswa yang relevan bagi warga peradilan agama yaitu Beasiswa Fulbright untuk jenjang S2 dan S2 dan Visiting Scholar, Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals dan Fulbright US–ASEAN Visiting Scholar Initiative Program.

webinar aminef

Adapun persyaratan umum utuk bisa mendaftar program ini adalah:

  1. Warga negara Indonesia dan bukan penduduk tetap atau warga negara AS, atau sedang tinggal di AS
  2. Memiliki kualitas kepemimpinan dan menunjukkan pengalaman dalam pelayanan masyarakat
  3. Memiliki persiapan, dan komitmen yang ditunjukkan untuk bidang studi pilihan.
  4. Mahir berbahasa Inggris
  5. Memiliki catatan akademik yang luar biasa
  6. Menunjukkan bahwa mereka secara realistis dapat menyelesaikan studi pascasarjana penuh waktu atau melakukan penelitian di AS
  7. Menunjukkan komitmen yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program beasiswa Fulbright

Dalam memandu acara ini Dr. Candra Boy Seroza menyampaikan bahwa sebagai negara hukum, Pengadilan Agama merupakan institusi penting dalam bangunan sistem kenegaraan kita. Sehingga perubahan di Peradilan Agama akan berdampak luas terhadap masyarakat. Upaya Ditjen Badilag dalam membentuk generasi aparatur peradilan agama saat ini akan menentukan wajah pengadilan kedepan, jika negara memberikan kesempatan dan peluang bagi mereka untuk mengembangkan diri melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di universitas-universitas terbaik di dunia, investasi pendidikan untuk para warga peradilan akan terbayar lunas kembali pada negara.

Webinar ini dihadiri pegawai Ditjen Badilag, 29 pengadilan tingkat banding dan 412 pengadilan tingkat pertama di lingkungan peradilan agama. 

Webinar ini bertujuan untuk memberikan informasi dan dorongan bagi warga peradilan yang ingin melanjutkan studi S2, S3 maupun Kursus Singkat atau program lainnya di universitas-universitas terbaik di Amerika dan mencari skema kemungkinan kerjasama berkelanjutan Ditjen Badilag MARI dan AMINEF dalam program beasiswa pendidikan tinggi warga peradilan agama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Majalengka

Jl. Siliwangi No.9 KM.7 Panyingkiran Majalengka

Telp: (0233) 8291559
Fax: (0233)-82915560

Email: info@pa-majalengka.go.id

 

Follow Sosial Media Kami

CCTV PA MJL