bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 73

sidkel3jun3

Pengadilan Agama Majalengka kembali menggelar sidang di luar Gedung Pengadilan (Sidang Keliling) yang di peruntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor Pengadilan Agama karena alasan jarak, transportasi, dan biaya. Hal tersebut merujuk pada Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan yang termuat dalam pasal 1 ayat 5 yang menyebutkan bahwa Sidang di Luar Gedung Pengadilan adalah sidang yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh Pengadilan di suatu tempat yang ada didalam wilayah hukumnya tetapi diluar tempat kedudukan gedung Pengadilan dalam bentuk Sidang Keliling atau Sidang di tempat sidang tetap.

Kantor Pengadilan Agama dapat melaksanakan kegiatan sidang keliling di balai sidang pengadilan, kantor kecamatan, kantor KUA, atau tempat-tempat fasilitas umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang tinggal jauh dari kantor pengadilan. Pada hari Jumat tanggal 3 Juni 2022, Pengadilan Agama Majalengka telah melaksanakan sidang keliling sebanyak  40 perkara yang dilaksanakan di 3 (tiga) Kecamatan yaitu :

  • Kecamatan Jatitujuh yang bertempat di Aula KUA Kec. Jatitujuh dengan Ketua Majelis Hakim Drs. Media Rinaldi, MA. Telah menyidangkan 10 perkara yang terdiri dari 9 jenis perkara cerai gugat dan 1 perkara Voluntair (Perkara Dispensasi Nikah)
  • Kecamatan Rajagaluh yang bertempat di Aula KUA Kec. Rajagaluh dengan Ketua Majelis Usman, S.H., telah menyidangkan 15 perkara yang terdiri dari 14 jenis perkara cerai gugat dan 1 perkara Voluntair (Perkara Dispensasi Nikah)
  • Kecamatan Talaga yang bertempat di Aula KUA Kec. Talaga dengan Ketua Majelis Drs. H. Bisman, M.H.I. telah menyidangkan 15 perkara yang terdiri dari 12 jenis perkara cerai gugat dan 3 perkara Voluntair (Perkara Dispensasi Nikah)

sidkel3jun1sidkel3jun2

Dari 40 perkara yang disidangkan di tiga kecamatan tersebut, telah diputus sebanyak 4 perkara yang seluruhnya adalah perkara Voluntair (Perkara Dispensasi Nikah) dan terdapat satu perkara yang dihadiri oleh kedua belah pihak sehinggga terjadi proses mediasi dengan bantuan mediator yang telah ditunjuk yaitu Dra. Hidayaturohmah, M.H. (Mediator Hakim PA Majalengka), dan sisanya sebanyak 35 perkara pelaksanaan sidang ditunda ke tanggal 10 Juni 2022 yang dimulai pukul 09.00 WIB.(NR)

CCTV PA MJL