bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 57

pakdirjen1pakdirjen2

Pengadilan Agama Majalengka yang diwakili oleh Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris menghadiri acara Pelepasan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum pada Selasa 7 Juni 2022. Acara yang diselenggarakan di Aula PTA Bandung tersebut juga turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H . Pada kesempatan tersebut dilakukan pula Pembinaan oleh Bapak Dirjen Badilag dan Penyerahan Piagam kepada Satker berprestasi di Wilayah PTA Bandung.

Pengadilan Agama Majalengka sebagai salah satu satker berprestasi menerima piagam penghargaan ranking ke-III Nilai Rata-Rata Rapor SIPP dalam kategori III yang diserahkan secara langsung oleh Bapak Dirjen Badilag. Piagam tersebut diterima oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Majalengka Bapak Drs. Media Rinaldi, M.A . Sebelumnya Ditjen Badilag telah mengumumkan hasil penilaian tersebut melalui surat Nomor : 2628/DjA/HM.00/5/2022, tanggal 13 Mei 2022  perihal Penghargaan Atas Hasil Kinerja SIPP Periode Januari - Maret Tahun 2022. Dalam surat tersebut, Pengadilan Agama Majalengka berhasil mencatatkan nilai rata-rata rapor SIPP sebesar 98,972% periode Januari sampai Maret 2022 dan meraih ranking ketiga dalam Kategori III dan berhak mendapatkan Piagam Penghargaan yang ditandatangani oleh Bapak Dirjen Badilag secara elektronik . 

sipp2021PENGHARGAAN BADILAG

Penghargaan atas Rapor SIPP tersebut bukan yang pertama bagi Pengadilan Agama Majalengka. Sebelumnya pada September Tahun 2021, Pengadilan Agama Majalengka juga pernah meraih penghargaan serupa yang penilaiannya berdasarkan penyelesaian perkara melalui SIPP. Hal ini menunjukan konsistensi Pengadilan Agama Majalengka dalam menjalankan Program One Day Publish & One Day Minutation serta menunjukkan adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara para Hakim, Panitera Pengganti, dan Tim Kepaniteraan. Selain itu Ketua, Wakil Ketua, dan Panitera juga setiap harinya melakukan pengawasan terhadap penyelesaian perkara melalui SIPP sehingga nilai rata-rata rapor SIPP Pengadilan Agama Majalengka sebesar 98,972% tersebut dapat diraih. 

Dalam sesi Pembinaan, Bapak Dirjen Badilag menyampaikan beberapa hal diantaranya di pengujung tahun 2021 lalu, Ditjen Badilag MA RI dianugerahi 2 (dua) penghargaan oleh Majalah It Works dalam implementasi digital Kedua penghargaan tersebut adalah:

1. Top Digital Implementation 2021 #Star 4 (Sangat Baik)

2. Top Leader on Digital Implementation 2021 kepada Dirjen Badilag MA RI

Pengharaan akhir tahun ini merupakan pengakuan pihak swasta (Majalah It Works bekerja sama dengan Kemkominfo) terhadap terobosan dan inovasi Ditjen Badilag dan seluruh Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dalam implementasi teknologi informasi.

Bapak Dirjen Badilag juga memaparkan evaluasi kinerja seluruh pengadilan tingkat pertama di wilayah PTA Bandung yang poin penilaiannya terdiri dari kinerja SIPP, Penyelesaian Mediasi, e-Court, Eksekusi yang belum terlaksana, Penilaian melalui aplikasi Kinsatker, dan pengusulan satker menuju predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian PAN RB.

Selain itu dijelaskan juga mengenai Program Kerja Prioritas Ditjen Badilag Tahun 2022 yang terdiri dari :

1.Optimalisasi E Court dan Gugatan Mandiri

  • Peningkatan sosialisasi e-court dan jumlah pengguna lain.
  • Meningkatkan kualitas SDM dan sarana dan prasarana E Court.
  • Meningkatkan pemanfaatan gugatan mandiri.

2. Optimalisasi Pembangunan ZI

  • Peningkatan jumlah satker peraih predikat WBK/WBBM.
  • Totalitas implementasi ZI pada seluruh aspek kelembagaan.

3. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

  • Peningkatan Mendorong pengadilan tingkat banding dalam meningkatkan kualitas SDM di lingkungan masing-masing.
  • Implementasi sistem reward and punishment (Merit System).

4. Optimalisasi Mediasi

  • Peningkatan keberhasilan mediasi.
  • Standarisasi tata ruang mediasi.
  • Bimbingan teknis mediasi.

5. Inovasi dan Prestasi

  • Mendorong satker untuk terus berinovasi.
  • Berprestasi lokal, regional, nasional dan internasional.
  • Mendorong satker melakukan Kerjasama dengan instansi/Lembaga terkait.

6. Kepatuhan Pelaksanaan Putusan Pengadilan

  • Pelaksanaan eksekusi putusan pengadilan.
  • Peningkatan kepatuhan pelaksanaan putusan pengadilan tentang hak-hak perempuan dan anak.

7. Implementasi dan Pengembangan 22 Inovasi

  • Memastikan implementasi dan replikasi aplikasi/inovasi.
  • Pengembangan aplikasi/ inovasi Ditjen Badilag.

8.Evaluasi Program

  • Optimaliasi penilaian kinerja penangan perkara (SIPP, mediasi, E Court, Gugatan Mandiri, Penilaian Triwulan dan eksaminasi).
  • Optimalisasi penyerapan anggaran berbasis kinerja.
  • Evaluasi menyeluruh terhadap program prioritas Badilag.
  • Standarisasi ruang tahanan dan ruang sidang anak di Mahkamah Syar’iyah

Menutup sesi pembinaan, Bapak Dirjen Badilag menyampaikan sebuah kalimat motivasi bahwa sejatinya, tidak sulit mewujudkan kepemimpinan transformatif. Seorang pemimpin hanya perlu memulai semua dari dirinya sendiri. Ia perlu meluruskan kembali niatnya sebagai pemimpin, fokus pada kepentingan bersama, serta mengedepankan kepentingan lembaga di atas kepentingan pribadi.

CCTV PA MJL