bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 46

kuliah2

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas tenaga teknis di lingkungan peradilan agama, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia melalui surat nomor 2916/DjA/HM.00/6/2022 tanggal 13 Juni 2022 menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum secara Online/Daring melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung (live streaming) melalui channel Youtube Badilag Media oleh Direktur Pusat Kajian Ekonomi Islam Shaleh Kamil Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, Bapak Prof. Dr. Mustofa Dasuki Kesba dengan tema “Penerapan Perbankan Syariah di Mesir dan Arab Saudi serta Permasalahannya”.

Kegiatan Kuliah Umum yang diselenggarakan pada Rabu 15 Juni 2022 tersebut diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Majalengka, para Hakim, Sekretaris, dan Kasubag Kepegawaian dari ruang Media Center Pengadilan Agama Majalengka. Acara dibuka dengan sambutan dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Badpak Dirjen Badilag menyampaikan bahwa Kegiatan kuliah umum ini terselenggara atas prakarsa Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, dengan tujuan untuk :

  •     Meningkatkan kapasitas dan kualitas para hakim peradilan agamadalam mengadili sengketa ekonomi syariah;
  •     Menyamakan persepsi atas penerapan hukum ekonomi syariah;
  •     Meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan ekonomi syariah di Indonesia;
  •     Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap peradilan agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah di Pengadilan Agama ;
  •     Mensosialisasikan ekonomi syariah dan prospek penerapan hukum perbankan syariah di Indonesia.

kuliah

Tujuan akhir dari seminar ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan sharing pengalaman penerapan perbankan syariah, memperkuat system ekonomi syariah serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia berbasis Ekonomi Islam. Melalui seminar ini, diharapkan kita akan mendapat pencerahan dari Narasumber, tentang penerapan perbankan syariah di Mesir dan Arab Saudi, termasuk aspek penyelesaian sengketanya, sebagai perbandingan bagi hakim Peradilan Agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syari’ah di Indonesia, sejalan dengan pertumbuhan Ekonomi Syariah di Indonesia yang semakin maju dan kompleks. (GPA)

CCTV PA MJL