bannerweb02

Written by Admin Website PA Majalengka. Hits: 41

dinkesmajalengka

Pengadilan Agama Majalengka Kelas 1.A menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka sebagai tindak lanjut surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022 tanggal 22 April 2022 perihal Koordinasi dan Perjanjian Kerja Sama dengan Dinas Kesehatan. Adapun surat dari Ditjen Badilag tersebut merupakan tindak lanjut atas Surat Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.2/B/275/2022 tanggal 11 April 2022 perihal Tindak Lanjut Audiensi Dispensasi Perkawinan.

Kementerian Kesehatan melalui Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat berkomitmen untuk meningkatkan upaya promotif-preventif untuk menekan angka permohonan dispensasi perkawinan. Upaya promotif-preventif tersebut meliputi :

  1. Peningkatan edukasi kesehatan reproduksi pada anak usia sekolah dan remaja baik di lingkup sekolah maupun di luar sekolah.
  2. Meningkatkan sosialisasi dampak pernikahan dini pada stakeholder terkait (orang tua, anak, tokoh agama, tokoh masyarakat, Hakim Pengadilan Agama dan Hakim Pengadilan Negeri)
  3. Advokasi kepada Pemerintah Daerah dengan Permohonan Dispensasi Perkawinan yang tinggi.
  4. Koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Organisasi Profesi untuk dapat membantu mengedukasi pentingnya kesiapan fisik, mental, dan ekonomi dalam menjalani perkawinan.

Kemudian pada Senin 13 Juni 2022, tim dari Pengadilan Agama Majalengka yang terdiri dari Drs. Yayan Sopyan, M.H. (Hakim), Drs. H. Jaenal, M.H. (Panitera), Nunung Rohaniah S.Ag (Panitera Muda Hukum), dan Drs. Muhtadin (Panitera Pengganti) berkunjung ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka dan berkesempatan bertemu dengan Bapak H. Ence, A.Md.Kep. S.KM. MM.M.Si. selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka. Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai kemungkinan kerja sama antara Pengadilan Agama Majalengka dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka terkait Dispensasi Perkawinan.

Adapun dalam draft perjanjian kerja sama yang dimohonkan oleh Pengadilan Agama Majalengka salah satunya berisi tentang peran Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka dalam melakukan pembinaan dan konseling kepada para pihak pemohon Dispensasi Perkawinan yang nantinya hasil konseling tersebut akan menjadi dasar pertimbangan bagi Pengadilan Agama Majalengka dalam melanjutkan proses pemeriksaan persidangan permohonan dispensasi perkawinan yang diajukan oleh pemohon.

Bapak H. Ence mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka menyambut baik permohonan kerja sama ini karena selaras dengan program Dinas Kesehatan untuk menekan angka permohonan dispensasi perkawinan khususnya di wilayah Kabupaten Majalengka. Penandatanganan kerja sama antara Pengadilan Agama Majalengka dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka tersebut diharapkan dapat terlaksana pada akhir bulan Juni tahun ini agar program yang direncanakan segera dapat diterapkan dan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Majalengka. (GPA)

CCTV PA MJL