Seputar Peradilan

PEMBINAAN RUTIN KETUA PENGADILAN AGAMA MAJALENGKA TANGGAL 7 NOPEMBER 2018

1

Majalengka |  Pengadilan Agama Majalengka

Pada Hari Rabu Tanggal 07 Nopember 2018 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Majalengka telah dilaksanakan pembinaan rutin oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Majalengka. Diadakannya pembinaan ini untuk menyampaikan hasil dari  pembinaan yang telah dilaksanakan oleh Pimpinan Mahkamah Agung pada Tanggal 31-10-2018 dan 01-11-2018 yang bertempat di Hotel Intercontinental – Dago Bandung.

2 2
2 2

Dalam hasil pembinaan tersebut Tingkat Pertama dan Banding pada empat lingkungan peradilan di wilayah Jawa Barat tersebut mengusung isu kepemimpinan pengadilan sebagai tema. Kegiatan yang dipimpin oleh Bapak Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo, S.H., M. Hum tersebut diisi dengan pemaparan tentang kepemimpinan pengadilan dari masing-masing pejabat eselon 1 Mahkamah Agung, yakni Sekretaris Mahkamah Agung, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara, Kepala Badan Pengawasan, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan.

Selain itu, Ada hal yang penting untuk diperhatikan, disampaikan oleh Ka Bawas mengenai wajibnya setiap Pejabat Penyelenggara Negara untuk melaporkan LHKPN. Selain itu yang tak kalah pentingnya, Bapak Dirjen Badilag menyampaikan agar seluruh Pengadilan Agama untuk segera mengimplementasikan PTSP dan aplikasi e-court.

Dalam penerapan PTSP Di wilayah Pengadilan Agama Majalengka terdiri dari 4 (Empat) petugas yaitu

  1. Petugas informasi dan pengaduan
  2. Pendaftaran
  3. Kasir
  4. Petugas Penyerahan Produk / Akta Cerai
2 2
2 2

Setelah pembinaan dari Bapak Ketua selesai kemudian dilanjutkan dengan persentasi dan sosialisasi aplikasi e-court oleh Bapak Nuzula Kautsar Edwar, S.T., S.Sy. selaku Kasubag Perencanaan, TI dan Pelaporan. Beliau menjelaskan bahwa saat ini Pengadilan Agama Majalengka telah siap menyambut e-court baik itu dari sisi sarana prasarananya, penguatan jaringan, alat pengolah data pendukung e-court maupun Sumber Daya Manusianya. E-Court merupakan Aplikasi Pengadilan Elektronik yang dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI untuk meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan yang akan diimplementasikan di seluruh satuan kerja (satker) pengadilan. Dan Pengadilan Agma Majalengka siap utuk pelaksanaan inmplementasi aplikasi e-court tersebut tinggal menunggu pengaktifasi virtual eccountnya dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia.