Seputar Peradilan

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2020

1

Majalengka – Selasa, 11 November 2020, Pukul 08.00 WIB. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-75, upacara dilaksanakan di halaman depan kantor Pengadilan Agama Majalengka. Upacara diikuti oleh Seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta Tenaga Honorer/Tks Pengadilan Agama Majalengka Kelas IA.

Bertindak selaku Pembina Upacara Drs. Yayan Sopyan, M.H. (Hakim Pengadillan Agama Majalengka), dikarenakan Bapak Ketua pengadilan Agama Majalengka Drs. H. Asep Imadudin sedang sakit jadi tidak bisa mengikuti Upacara Memperingati Hari Pahlawan ke 75.

2 3

Pemimpin Upacara di pimpin oleh Bapak Asep Rochwardianto, S.HI. acara diawali dengan penghormatan kepada Pembina Upacara yang dipipimpin langsung oleh Pemimpin upacara, selanjutnya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh Dana Mulyadi, S.Sy. dan diucap ulang oleh seluruh peserta upacara. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Nisa Utamasari S.H. setelah pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, dibacakan Pesan-Pesan Pahlawan oleh Ade Sudirman, S.H.I.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyampaian amanat oleh Bapak Drs. Yayan Sopyan, M.H. Selaku Pembina Upacara Dalam amanatnya, beliau menyampaikan

Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 “PAHLAWANKU SEPANJANG MASA”.

4 5

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan  memotivasi kita semua untuk  meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti : kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi  covid 19 yang saat ini melanda dunia.

Meskipun dalam masa pandemi covid, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan   dapat  memberikan   energi  tambahan  untuk  menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing

 Apabila setiap insan masyarakat Indonesia memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan semangat dan nilai kepahlawanan, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa. 

 Melalui Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di tengah pandemi covid 19, diharapkan masyarakat juga dapat turut berpartipasi dan menggaungkan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protocol kesehatan.

 Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2020  untuk memperkuat persatuan dan  kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

Setelah amanat beliau, selanjutnya upacara diakhiri dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Acu Ahmad Muzaki,S.Ag.