Seputar Peradilan

vaksin1vaksin2

Pengadilan Agama Majalengka bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka dan UPT Puskesmas Panyingkiran menggelar kegiatan Vaksinasi Covid-19 pada Rabu 9 Juni 2021. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB tersebut digelar di lobi Kantor Pengadilan Agama Majalengka. Sebanyak 40 orang pegawai yang terdiri dari ASN dan PPNPN tampak antusias mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kementerian Kesehatan dimana setelah dilakukannya vaksinasi untuk tenaga kesehatan, kelompok yang divaksinasi selanjutnya adalah Lansia dan Petugas Pelayanan Publik.

vaksin3vaksin4

 

Terdapat beberapa tahap yang harus dilalui calon penerima vaksin dalam proses vaksinasi ini. Pertama, calon penerima vaksin harus mendaftar dengan menunjukkan E-KTP kepada petugas di meja pendaftaran. Selanjutnya calon penerima vaksin akan diarahkan ke meja petugas kesehatan untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan tekanan darah. Kemudian calon penerima vaksin harus mengikuti skrining kesehatan yang dilakukan oleh dokter yang bertugas pada kegiatan vaksinasi ini. Dokter akan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid). Jika calon penerima vaksin sehat, maka vaksinasi dapat dilakukan.

vaksin5vaksin6

 

Calon penerima vaksin yang lolos dari tahap skrining selanjutnya menuju tempat vaksinasi dimana panitia telah menyiapkan dua lokasi terpisah untuk perempuan dan laki-laki. Beragam ekspresi ditunjukkan oleh para penerima vaksin saat divaksinasi. Ada yang menunjukkan ekspresi takut, gugup, namun tidak sedikit juga penerima vaksin yang menghadapi vaksinasi dengan ekspresi santai dan ceria. Setelah divaksinasi kemudian penerima vaksin menuju ke meja IV dimana petugas akan mencatat hasil pelayanan vaksinasi. Penerima vaksin dipersilahkan untuk duduk dan diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Pada tahap akhir, penerima vaksin akan menerima kartu vaksinasi covid-19 yang berisi informasi detail seputar pemberian vaksin kepada penerima vaksin.

 

vaksin7vaksin8

Ketua Pengadilan Agama Majalengka Drs. H. Asep Imadudin sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi ini karena para pegawai Pengadilan Agama Majalengka sebagai petugas pelayanan publik tentunya rentan terhadap penularan covid-19 karena setiap hari bertemu dengan masyarakat pencari keadilan. Maka dengan dilakukannya vaksinasi covid-19 kepada para pegawai tersebut diharapkan mampu mengurangi resiko penularan maupun kemungkinan sakit berat yang diakibatkan oleh virus covid-19. Ketua juga berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka dan UPT Puskesmas Panyingkiran atas kerja sama dan koordinasi yang baik sehingga kegiatan vaksinasi pertama ini dapat berjalan dengan sukses dan tanpa hambatan yang berarti.