Seputar Peradilan

  MG 0532 MG 0518

Penerimaan Peserta PPL UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pengadilan Agama Majalengka menerima sebanyak 20 orang mahasiswa peserta Praktik Peradilan Agama dari Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Rabu 29 September 2021 di Ruang Sidang Utama. Para mahasiswa yang didampingi oleh Dosen Pendamping tersebut disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Majalengka Drs. H. Asep Imadudin dan Ibu Dra. Hj. Ai Suhayati, S.H., M.H., selaku Hakim Pendamping yang ditunjuk untuk melakukan pendampingan kepada para mahasiswa selama menjalani program Praktik Peradilan Agama di Pengadilan Agama Majalengka.

Beberapa Kegiatan yang akan dijalani oleh mahasiswa selama menjalani Praktik Peradilan Agama diantaranya adalah Pengenalan Struktur Organisasi Pengadilan Agama beserta tugas pokok dan fungsi masing-masing bagian, Administrasi Umum, Administrasi Perkara, serta prosedur beracara yang meliputi seluruh rangkaian proses berperkara di Pengadilan Agama. Tidak hanya diberi kesempatan untuk mengamati jalannya sidang, Para mahasiswa juga mengikuti kegiatan simulasi persidangan dengan berbagai peran dan tugas masing-masing seperti Majelis Hakim, Panitera Pengganti, Kuasa Hukum, Saksi, dan Pihak yang berperkara, sehingga diharapkan tidak hanya teori yang didapat dari kegiatan ini namun juga praktik persidangan secara langsung.

 

 Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual, 1 Oktober 2021

  MG 0689 MG 0692

Jumat, 1 Oktober 2021, Pengadilan Agama Majalengka mengikuti Kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Sekretaris Pengadilan Agama Majalengka, Kasubbag Kepegawaian, serta Perwakilan Hakim Pengadilan Agama Majalengka.