Seputar Peradilan

 

diskusidiskusi 2

Ketua dan Panitera Pengadilan Agama se-Wilayah III Cirebon mengikuti kegiatan Diskusi Hukum Sita dan Eksekusi bekerja sama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Majalengka pada Senin 18 Oktober 2021. Bertempat di Ruang Sidang Utama, acara dimulai pukul 13.00 WIB dan dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Majalengka Bapak Drs. H. Asep Imadudin selaku tuan rumah penyelenggara diskusi. Selanjutnya acara dipimpin oleh Ketua Korwil III Cirebon, Bapak Drs. H. Dudung Abd. Halim, S.H., M.H., yang juga merupakan Ketua Pengadilan Agama Kuningan.
 
Hadir sebagai narasumber adalah Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Majalengka, Bapak Dedi Purwadi, S.H., dan Kepala Seksi Pengendalian dan Penanganan Sengketa Kantor Pertanahan Kabupaten Majalengka, Bapak Eka Hadipriyanto, A.Ptnh . Turut hadir dalam acara diskusi tersebut beberapa perwakilan Juru Sita dari Pengadilan Agama se-wilayah III Cirebon. Narasumber menyampaikan materi tentang Perubahan Pendaftaran Tanah berdasarkan Putusan atau Penetapan Pengadilan serta Penertiban Administrasi Pertanahan yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.
 
Seluruh peserta diskusi tampak antusias mengikuti acara tersebut terlihat dengan banyaknya peserta yang ingin menyampaikan pertanyaan maupun diskusi seputar proses blokir sertifikat tanah maupun proses sita tanah yang menjadi objek perkara di Pengadilan Agama. Ketua Korwil III Cirebon berharap ada kerjasama dan sinergi antara Pengadilan Agama dan Kantor Pertanahan sehingga dapat meminimalisir permasalahan saat proses sita atau eksekusi dalam penyelesaian perkara yang objeknya adalah tanah.